PSM-TEKNIK DASAR BERMAIN KEYBOARD

Penasaran, bagaimana sih cara belajar piano atau keyboard?

Berikut ada beberapa tips mengenai tehnik dasar untuk belajar main piano atau keyboard:

FINGERING (hand and finger forms, relaxation of arms & shoulders)

Fingering ditujukan supaya posisi jari dan tangan kita saat bermain ada dalam posisi yang benar. Juga agarbentuk jari-jari kita saat bermain di atas tuts piano atau keyboard ada dalam posisi sempurna. Latihan jari ini mencakup Tangga Nada dan Cadence.

TOUCHING (touch of the notes, legato-staccato, phrasing, dynamics and expression) Touching ditujukan supaya mengerti interpretasi kita dalam bermain music. Gak cuman sekedar bermain musik, tapi musik yang harus keluar dari hati. Kita mengetahui di mana kita harus bisa main keras atau lembut. Bermain dengan ada tekanan atau nyambung atau putus-putus dan atau dengan aksen yang tepat. Ada dinamika, feeling dan ekspresi.

RHYTHM dan TEMPO

Rhythm dan tempo ini ditujukan agar kita mengetahui harga notes, ketukan & rhythm pattern. Kita perlu tau juga tentang tempo yang benar. Rhytmic dalam bermain music(comping). Ada soul atau groove dalam bermusik. Harus ada “nyawa” dalam kita bermain dalam 1 band. Kita harus tau juga tentang TIME SIGNATURE (lagu itu dimainkan dalam ketukan 2/4, ¾, 4/4, 3/8, 6/8 etc)

HARMONY (chords progression, voicing and accompaniment)

Harmony ditujukan supaya bisa lebih kaya dalam mengembangkan pola chords yang kita pakai dalam sebuah lagu, mengembangkan bunyi yang dihasilkan dari chords yang kita mainkan, dan memperluas cara kita bermain dalam konteks kita mengiringi seorang penyanyi. Karena dengan kita bermain dalam harmonisasi yang bagus, maka akan tercipta suatu kesatuan yang baik. Dengan mempunyai pengetahuan harmoni yang baik, kita dapat membuat aransemen yang pasti bisa lebih enak. Mengetahui posisi kita sebagai musisi, lebih sebagai pengiring!

READING
Latihan ini lebih ditujukan untuk mereka yang belum bisa membaca not balok atau combo partitur. Diharapkan mereka di kemudian harinya bisa untuk membaca partitur not balok atau combo part. Mereka mengenal Treble Clef (kunci G) dan Bass Clef (kunci F). Mereka mengetahui tentang KEY SIGNATURE (ada berapa sharp (#) atau flat (b) lagu itu dimainkan). Dengan kita melihat tanda-tanda tersebut dengan sendirinya kita sudah tau kalau lagu itu dimainkan di tangga nada apa. Jelas itu akan sangat mempermudah kita dalam bermusik.

About these ads
Explore posts in the same categories: EDISI II/TAHUN IV/APRIL 2009

4 Komentar pada “PSM-TEKNIK DASAR BERMAIN KEYBOARD”

  1. Pendi Berkata

    Syukran atas sharing ilmu teknik bermain keyboardnya :).
    Soalnya saya dah lama sekali pingin tahu gimana teknik2nya sehingga semakin mantap !. Kalau ada yg ilmu yang lain yang ada hubungannya dengan keyboard, Bagi lagi ya ! Syukran
    PENDI, Lampung Timur

  2. certine Berkata

    thx. to…
    setelah aq baca dgn seksama aq baru ngerti klo dalam bermain music khususx keyboard bxk hal yg hrz qt perhatiin, makasih ya…

  3. Faisal muchtar Berkata

    Salam Budaya BUng…di tunggu kunjungan balik nya..

  4. yuga Berkata

    Sertai gambar dong bro, not balok dan kunci dasar, minor n mayor serta cres nya.. Hehe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: