Mawapres 2009 gOes to FKM

Mahasiswa berprestasi (Mawapres) merupakan sebuah kompetisi yang dilaksanakan secara periodik setiap setahun sekali. Ada beberapa tahapan seleksi dari tingkat fakultas, universitas sampai tingkat nasional. Mawapres ini menjadi ajang untuk unjuk prestasi bagi mahasiswa. Tidak hanya prestasi akademik saja, tetapi juga keaktivan dalam organisasi, kemampuan dalam public speaking, kemampuan berbahasa Inggris aktif, dan tes kepribadian prestatif.
Seleksi Mawapres FKM 2009 diselenggarakan pada hari Selasa, 10 Maret 2009. Penetapan tanggal seleksi menyesuaikan dengan keputusan universitas yang memajukan jadwal seleksi Mawapres tingkat fakultas. Seleksi tersebut berupa tes presentasi karya tulis, tes kepribadian, tes aktivitas (intra dan ekstra) dan wawancara dengan bahasa Inggris. Peserta seleksi terdiri dari 7 mahasiswa angkatan 2007 (1 laki-laki, 6 perempuan) dan 11 mahasiswa angkatan 2006 (1 laki-laki, 10 perempuan). Jumlah tersebut jauh dari yang direkomendasikan untuk mengikuti kompetisi tersebut (61 orang). Hal ini terjadi karena pengumuman tentang adanya seleksi Mawapres bertepatan dengan libur semester gasal di mana sebagian besar mahasiswa yang direkomendasikan mengikuti kompetisi sedang tidak berada di Semarang. Akibatnya, pendistribusian informasi pun menjadi kurang lancar.
Persyaratan awal yang harus dipenuhi calon peserta (yang direkomendasikan) adalah mengisi formulir yang sudah disediakan dan membuat sebuah karya tulis dengan format yang telah ditetapkan. Akan tetapi, karena terkendala oleh waktu yang mepet (mendekati deadline pengumpulan) maka ada beberapa calon peserta membatalkan niat untuk mengikuti seleksi tersebut.
Peserta memang terdiri dari angkatan 2006 dan 2007. Namun, seleksi tingkat fakultas ini hanya akan dipilih 3 besar dari angkatan 2006 untuk menjadi duta FKM dalam seleksi Mawapres tingkat universitas. Pembantu Dekan III FKM Undip menyampaikan bahwa pengikutsertaan angkatan 2007 dalam seleksi tersebut adalah untuk mengkader Mawapres tahun berikutnya.
Tim selektor adalah dosen FKM yang terdiri dari Bapak Priyadi Nugraha,SKM,M.Kes.(ketua panitia seleski Mawapres FKM 2009), Bapak Kusyogo Cahyo,SKM,M.Kes., Bapak Budiyono,SKM,M.Kes., Bapak Bina Kurniawan,SKM,M.Kes., Bapak Septo Pawelas Arso,SKM,MARS, dr. Ari Udiyono, M.Kes., Ibu Praba Ginanjar,SKM,M.Biomed., Ibu Dina Rahayuning P.,STP, Ibu Yusniar Hanani D.,STP,M.Kes., Ibu Hanifa Maher Denny, SKM, M.Kes., dr.Martha Irene K.,M.Sc.,Ph.D.
Hasil Mawapres FKM 2009 diumumkan pada hari Kamis, 12 Maret 2009. Akan tetapi, terdapat kesalahan penempatan penilaian aktivitas (kegiatan intra-ekstra) pada Juara II yang sebelumnya diraih oleh Tika Nur Hikmah (2006). Kesalahan tersebut diketahui pertama kali oleh pemenang sendiri ketika pemenang melihat nilai yang diperoleh dalam seleksi. Namun, dengan adanya keterbukaan nilai dari panitia kepada peserta dan juga kejujuran dari pemenang, maka kesalahan yang ada dapat segera ditangani dan dilakukan peninjauan ulang oleh panitia dan tim selektor. Setelah direvisi dan dilakukan peninjauan ulang, maka diperoleh hasil sebagai berikut :
Juara I        : Ika Puspita A. (2006)
Juara II        : Nurul Azizah K. (2006)
Juara III        : Zulida Putri S. (2006)
Juara Harapan I    : Dwi Nugraheni (2007)
Juara Harapan II    : Sofa Khasani (2007)
Juara Harapan III    : Nissa Noor Annashr (2007)
Panitia menyesalkan kesalahan yang sempat terjadi dan juga berterimakasih kepada Tika Nur Hikmah atas kejujurannya. Kejadian tersebut menjadi koreksi untuk kita semua dan menunjukkan pentingnya transparansi nilai kepada mahasiswa (peserta seleksi). Seleksi Mawapres di fakultas dilanjutkan dengan seleksi tingkat universitas yang akan diselenggarakan tanggal 17-18 Maret. Juara I yang akan menjadi duta dari FKM atas nama Ika Puspita Asturiningtyas dalam kompetisi tersebut.

Explore posts in the same categories: PH Express

2 Komentar pada “Mawapres 2009 gOes to FKM”

  1. irawan Says:

    saya salut buat ssaudari tika, seharusnya panitia memberikan sebuah penghargaan terhadap beliau

  2. Andrian Says:

    Hola… aku Andrian Liem dari Fak.Psikologi Univ. Sanata Dharma Yogya..
    Selamat ya buat Ika… Kebetulan tahun ni aku dipercaya mewakili Sanata Dharma..
    Semoga kita bisa berjuang dengan maksimal🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: