Sportica – Ayo Berolah Raga

Banyak mahasiswa malas berolahraga karena enggan berlelahlelah
atau karena biayanya yang tak murah atau bahkan takut waktunya akan
tersita banyak untuk berolah raga. Padahal, banyak, kok, olahraga yang ringan,
murah, dan tentu saja, menyehatkan.
Mungkin kita beranggapan, olahraga yang baik adalah olahraga
yang berat, berkeringat, dan harus membuat badan lelah. Akibatnya, banyak
dari kita yang tak segan mengeluarkan biaya besar untuk ikut klub olahraga
atau perkumpulan olahraga, agar bisa berolahraga sampai kelelahan tadi.
Olahraga yang seperti itu malah akan menyebabkan tenaga lebih
banyak terpakai, sehingga energi juga lebih banyak yang hilang. Akibatnya,
usai olahraga, nafsu makan malah bertambah. Hasilnya, bukannya kita
menjadi senang, tapi malah sebal, karena berat badan malah bertambah.
Badan pun bisa jadi pegal-pegal. Apalagi jika olahraganya tidak rutin.
Suatu latihan disebut sebagai olahraga jika gerakan yang dilakukan
adalah di luar kebiasaan sehari-hari. Selain itu, juga harus rutin dilakukan.
Untuk menyehatkan tubuh sekaligus menurunkan berat badan, olahraga yang
paling baik adalah olahraga yang berjenis aerobik. Olahraga aerobik adalah
olahraga yang pola gerakannya sama, berulang-ulang, intensitasnya ringan,
dan dilakukan dalam waktu lama.
Beberapa jenis olahraga yang bisa digolongkan aerobik antara lain
jalan kaki, jalan cepat, lari, bersepeda, atau berenang. Coba, bisa nggak kita
naik turun tangga secara konstan selama 30 menit? Sulit, kan? Jadi, jika tidak
bisa dilakukan secara konstan dan rutin, lebih baik cari olahraga lain.
Nah, misalkan jalan kaki, jangan anggap enteng olahraga satu ini.
Ya, selain murah, jalan kaki merupakan olahraga yang sarat manfaat. Selain
memiliki efek relaksasi, jalan kaki juga menguatkan jantung, otot, persendian,
tulang, metabolisme, serta bobot badan. Jalan kaki kebugaran juga akan
membantu menguatkan otot-otot, ligamen, tendon, dan tulang rawan, serta
mengencangkan otot-otot kaki. Khusus pada wanita muda, jalan kaki dapat
memperlambat terjadinya osteoporosis (keropos tulang).
Jalan kaki ternyata juga merupakan olahraga ideal untuk menjaga
bobot badan. Pasalnya, olahraga satu ini dapat meningkatkan penggunaan
kalori, mengendalikan nafsu makan, serta membakar lemak. Berjalan kaki
selama 40 menit merupakan waktu ideal untuk kesehatan, sekaligus untuk
membantu menurunkan berat badan.
Lama waktu latihan dapat dibagi menjadi tiga bagian. Lima menit
pertama diisi dengan gerakan peregangan dan pemanasan, dilanjutkan jalan
kaki dengan langkah cepat (brisk walking) selama 30 menit. Sementara lima
menit terakhir dipakai untuk pendinginan.
Jadi gak usah takut kantong bakal terkuras habis atau waktu kita
akan berkurang banyak untuk melakukan olah raga. Selain manfaat dari segi
fisik tubuh kita, olahraga juga bisa menghilangkan kepenatan rutinitas d
ikampus seperti tugas yang overweight, atau sehabis ujian pikiran masih kalut.
Dengan berolahraga kita bisa merefresh pikiran kita, sehingga bisa jadi lebih
tenang.So, dari sekarang mulailah berolahraga, mulai dari hal yang paling
simple.

Explore posts in the same categories: EDISI I/TAHUN IV/MARET 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: