BEM-FKM’ers IN ELECTION

9 April 2009, hari bersejarah yang akan menentukan perjalanan panjang negeri ini dalam 5 tahun mendatang, segera digelar. Pemilihan umum (Pemilu) untuk menentukan wakil-wakil rakyat di DPR, DPD, DPRD I, dan DPRD II kian dekat dalam hitungan hari. Persiapan-persiapan pun mulai sibuk dilaksanakan oleh KPU. Badan penanggungjawab tertinggi dalam menyelenggarakan Pemilu di Indonesia ini mulai sibuk berbenah jauh-jauh hari. Bahkan tidak hanya hari, jauh-jauh bulan dan tahun mereka mempersiapkan hajatan terbesar di negeri ini. Lau bagaimana dengan kita? Sudah siapkah kita sebagai penentu utama dalam pemilihan umum ini?

Bersandar dari masalah tersebut, Departemen Politik BEM FKM mengadakan polling pemilu untuk mengetahui seberapa besar minat dan kesiapan mahasiswa FKM dalam menyambut pemilu nanti. Polling dilaksanakan menggunakan sistem acak dengan mengambil sampel responden pada setiap angkatan.

Dari 35 responden, sebanyak 74,28 % menyatakan akan memberikan suara pada Pemilu nanti, sedangkan 17,14 % menyatakan tidak dan 8,57 % ragu-ragu.

Alasan utama responden yang menyatakan tidak memberikan suara dan ragu-ragu adalah kendala jarak daerah asal yang jauh, sehingga tidak dapat memberikan suara. Selain itu, banyaknya partai dan calon legislatif juga memberikan pengaruh ‘membingungkan’ di kalangan responden. Namun untuk hal ini BEM KM Undip memberikan solusi dengan adanya Joglo Election Centre (JEC) yang memfasilitasi mahasiswa untuk dapat memberikan suara di Semarang dan sebagai media transfer informasi perkembangan Pemilu saat ini.

Lalu bagaimana dengan sosok pemimpin ideal di mata para mahasiswa FKM? Pada umumnya, kriteria yang diharapkan para responden hampir sama. Dia harus memiliki jiwa-jiwa yang unggul dan kapabilitas diatas rata-rata untuk mewakili rakyat. Banyak bukti bukan janji.

Explore posts in the same categories: EDISI II/TAHUN IV/APRIL 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: