PIRC-MENGEMBANGKAN KREATIFITAS BERPIKIR

Setiap individu memiliki keunikan cara berpikir. Satu fenomena saja dapat menimbulkan perspektif yang berbeda-beda yang pada akhirnya dapat menghasilkan berbagai karya. Namun, sayangnya hanya sedikit manusia yang menyadari potensinya tersebut.

Tak terkecuali mahasiswa, ternyata sebagian besar juga kurang mampu mengelola potensi akal yang dimiliki. Salah satu hal yang dapat dijadikan sebagai bukti adalah ketika event-event atau kompetisi-kompetisi ilmiah digelar. Hanya segelintir mahasiswa saja yang berpartisipasi. Dalih yang digunakan bermacam-macam dan yang terbanyak adalah mereka beranggapan bahwa diri mereka tidak memiliki bakat dalam bidang ilmiah atau tidak bisa kreatif.

Perlu diketahui bahwa kreatifitas dalam berpikir bukan merupakan bawaan sejak lahir. Melainkan perlu diupayakan dan dilatih terus menerus, sehingga akhirnya pola berpikir kreatif tertanam di otak. Kreatifitas sangat terkait dengan kerja otak kanan. Bahasa otak kanan adalah imajinasi, futuris, acak, dan ketidakmungkinan. Hal tersebut akan menuntun manusia untuk menemukan ide-ide unik dengan metode outbox thinking atau berpikir di luar frame. Ibarat mata pisau yang semakin diasah akan semakin tajam, begitu pula dengan otak kita.

Setiap orang dapat menjadi kreatif asalkan dia mau menjadi kreatif. Keyakinan semacam ini merupakan hal prinsip yang harus ditanam terlebih dahulu. Jika keyakinan sudah mulai terbentuk, maka sekarang saatnya untuk mengembangkan pikiran. Tidak usah jauh-jauh, coba cermati peristiwa atau kejadian di sekeliling kita. Lihatlah dengan sudut pandang yang berbeda hingga kita menemukan sesuatu yang baru dan bermanfaat. Setelah itu, cari data-data pendukung atau literatur untuk memperkuat ide tersebut dan analisislah. Kuncinya disini adalah kepekaan terhadap peristiwa yang terjadi di sekitar kita. Karena kepekaan itulah yang akan membimbing kita untuk berpikir lebih lanjut akan solusi pemecahannya.

Ingat kata pepatah “Dimana ada kemauan, disitu ada jalan”. Asalkan kita mau berusaha maka akan terbuka berbagai jalan yang dapat mengantarkan sampai tujuan. Tips ringan untuk mengembangkan kreativftas berpikir, dapat disingkat dengan 4 S yaitu Singkap keyakinan, Sumbat keraguan, Singkir ketakutan, Sambut spontanitas. Mulai dari sekarang dan rasakan perubahannya. Selamat mencoba.

.

Agenda RC :

Up Grading : Minggu III April

Intensive Class : Minggu IV April

Explore posts in the same categories: EDISI II/TAHUN IV/APRIL 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: