Profil-IKA PUSPITA ASTURININGTYAS;

IKA PUSPITA ASTURININGTYAS;

PEJUANG MAWAPRES FKM 2009

Pada edisi kali ini, PH KITA akan mengulas pejuang mawapres FKM Undip tahun 2009. Ika Puspita Asturiningtyas, nama yang tidak telalu asing untuk didengar. Bagaimana tidak, mahasiswa angkatan 2006 yang namanya sudah tercantum di buletin PH KITA selama tiga tahun ini menorehkan prestasinya untuk membawa nama FKM pada seleksi Mawapres tingkat Universitas tahun ini.

Mahasiswi kelahiran Pelaihari, Kalimantan Selatan, 9 November 1988 ini membuat karya tulis yang berjudul “Shared Learning Melalui Fasilitas Multipihak sebagai Suatu Strategi Pembelajaran Sosial dalam Pengelolaan Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren)” sebagai salah satu persyaratan seleksi Mawapres. Untuk menuju mawapres tingkat Universitas, mahasiswi yang mengenyam pendidikan SD hingga SMA di Rembang ini harus menyisihkan 18 peserta yang terdiri dari 7 mahasiswa angkatan 2007 dan 11 mahasiswa angkatan 2006.

Anak dari Turyono dan Dwi Astuti ini awalnya tidak berniat mengikuti seleksi Mawapres tahun ini. Namun, berkat dukungan dan dorongan dari teman-temannya akhirnya ia mencoba mengikuti seleksi Mawapres. Dan tidak mengecewakan banyak pihak, Ia terpilih sebagai pejuang mawapres FKM ke tingkat Universitas. Cerita punya cerita, mahasiswi yang masuk FKM Undip melalui jalur PSSB ini mengatakan salah satu faktor yang membuatnya ragu mengikuti Mawapres yaitu ”nggak” mau diwawancarai oleh PH. ”Hehe…biasanya kan mewawancarai orang”, ujarnya sambil bercanda.

Untuk proses penseleksian mawapres ini, ada lima kategori yang dinilai yaitu karya ilmiah, kegiatan intra-ekstra kampus, bahasa inggris, IPK, dan kepribadian. Ketika ditanyakan mengenai trik-trik dalam mengikuti mawapres, Ia memberikan saran agar mahasiswa yang berniat mengikuti Mawapres mempersiapkan diri sedini mungkin. Misalnya untuk karya tulis dari awal harus berkecimpung di bidang karya tulis dan belajar membuatnya sehingga untuk kedepannya sudah terbiasa membuat karya tulis. Begitu juga dengan kegiatan intra-ekstra kampus. Diusahakan agar mengikuti organisasi yang ada di FKM maupun di luar FKM serta kegiatan apapun yang dapat menjadi nilai tambah.

Untuk pengalaman organisasinya sendiri, Ia mengikuti organisasi internal dan eksternal FKM. Organisasi internal kampus, ia menjadi angota BEM FKM, Gamais, PH dan RC. Untuk di tingkat Universitas ia mengikuti Research and Business (R’nB) dan di luar Universitas ia tergabung dalam LSM Medical Emergency Rescue Committee (MERC).

Mengenai kultur ilmiah di FKM, menurutnya sudah mulai ada kemajuan jika dibandingkan dengan ketika Ia pertama kali masuk FKM. Itu dapat dilihat dari dukungan yang diberikan oleh dosen-dosen FKM sendiri yang mau meluangkan waktunya untuk menjadi pembimbing dalam pembuatan karya ilmiah. Tidak hanya itu, minat mahasiswa dalam bidang ilmiah juga mulai mengalami peningkatan, buktinya tiga besar Mawapres FKM merupakan mahasiswa reguler dan ekstensi. Namun, masih perlu peningkatan agar Visi Undip menjadi Research University dapat terwujud.

Pejuang Mawapres ini telah mengikuti seleksi tingkat Universitas pada tanggal 19-20 Maret bersama dengan Mawapres fakultas lain. Ketika ditanyakan apa langkah selanjutnya yang akan ditempuh setelah seleksi Mawapres ini, ia mengatakan “Usaha sudah saya lakukan sebisa yang saya mampu lakukan. Sekarang tinggal tawakal saja, karena kewajiban kita hanya berusaha sebaik mungkin. Hanya Alloh yang tahu apa yang terbaik bagi semuanya.” Bagi mahasiswa FKM, ia berpesan “Belajar adalah tanggung jawab utama kita sebagai mahasiswa, tetapi jangan lupa untuk menyeimbangkan kelima aspek yang ada pada Mawapres agar kita benar-benar menjadi mahasiswa ideal.” (ulan_mini’s)

Explore posts in the same categories: EDISI II/TAHUN IV/APRIL 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: