STOP HIVa-PENDAS DAN MAKRAB stopHIVa PERIODE 2009

Dalam rangka mempertahankan eksistensi UKK stopHIVa di Undip, khususnya di Fakultas Kesehatan Masyarakat ini, maka dilaksanakanlah suatu kegiatan oprec (open recruitment) anggota baru setiap tahunnya. Kegiatan Pendas (pendidikan dasar) ini merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan oprec anggota baru. Bisa dibilang ini adalah kegiatan inti dari oprec anggota baru, karena di kegiatan inilah calon anggota baru stopHIVa diperkenalkan tentang HIV/AIDS secara mendalam serta seluk beluk kegiatan yang dilakukan di organisasi ini.

Pendas dan makrab stopHIVa periode 2009 ini dilaksanakan pada tanggal 14-15 Maret lalu, tepatnya di Taru Budaya, suatu kawasan kantor Dinas Pertanian dan Dinas Peternakan di daerah Ungaran Semarang. Kami menempati suatu asrama di belakang kantor tersebut. Hal ini memang di luar kebiasaan dari kegiatan pendas anggota baru pada pelaksanaan sebelumnya yang biasanya kami lebih menyatu dengan alam dengan mendirikan tenda sebagai tempat tinggal dan tidur di rerumputan. Namun, tempat itu memiliki panorama alam yang tak kalah dengan temat-tempat wisata di daerah Semarang serta memiliki fasilitas yang mendukung kegiatan yang kami lakukan.

Adapun tujuan dasar dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu untuk membentuk mental yang kuat bagi calon anggota stopHIVa sebagai bekal dalam menjalankan kegiatan-kegiatan stopHIVa mendatang. Kegiatan yang dilakukan dalam pendas dan makrab ini diantaranya pembekalan materi-materi tentang HIV/AIDS baik oleh pembina-pembina stopHIVa maupun para ODHA secara langsung. Selain itu, juga diselingi dengan kegiatan untuk melatih kerjasama, kekompakan dan kebersamaan seperti nonton bareng, pementasan seni, serta outbond.

Jumlah penderita HIV/AIDS di Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat, bahkan Indonesia telah dikategorikan sebagai negara dengan tingkat endemi terkonsentrasi. Kami berharap dengan kegiatan ini semoga stopHIVa tetap jaya dan semakin jaya untuk menunjukkan kepedulian kita kepada ODHA serta memberantas HIV/AIDS. MOVE FOR HEALTH….

Explore posts in the same categories: EDISI II/TAHUN IV/APRIL 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: