KSR – SuperHero di FKM

SUPERHERO di FKM….
Sembilan, sepuluh, sebelas……..tiga puluh empat kantung darah. Sekitar sebulan yang lalu KSR FKM Undip telah mengadakan kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kota Semarang. Kegiatan donor darah ini dilaksanakan di gedung B FKM Undip, tepatnya di ruang PKM lantai 2.
Sebenarnya antusiasme mahasiswa FKM untuk menjadi superhero darah sangat besar, terlihat dari antrian panjang mahasiswa yang ingin mendonorkan darah sampai-sampai menghambat jalur lalu-lintas gedung B lantai 2. Namun, karena tiak lolos dalam penyeleksian syarat-syarat mendonorkan darah, mahasiswa FKM terpaksa gagal menjadi superhero darah. Oleh karena itu, dalam edisi kali ini KSR FKM akan memberitahu apa saja syarat-syarat yang wajib dipenuhi untuk calon superhero darah atau yang lazimnya disebut sebagai pendonor darah.
Pertama, umur pendonor darah antara 17 – 60 tahun ( Pada usia 17 tahun diperbolehkan menjadi donor bila mendapat ijin tertulis dari orang tua. Sampai usia 60 tahun calon pendonor masih dapat menyumbangkan darahnya dengan jarak penyumbangan 3 bulan atas pertimbangan dokter ). Kedua, berat badan minimum 45 kg. Ketiga, tekanan darah baik , yaitu:(Sistole = 110 – 160 mm Hg dan Diastole = 70 – 100 mm Hg). Keempat, denyut nadi; teratur 50 – 100 kali/ menit. Yang kelima, hemoglobin ( wanita minimal = 12 gr % dan pria minimal = 12,5 gr %). Selain itu, jumlah penyumbangan pertahun paling banyak 5 kali, dengan jarak penyumbangan sekurang-kurangnya 3 bulan. Keadaan ini harus sesuai dengan keadaan umum donor. Dan yang paling penting adalah pendonor darah tersebut tidak menderita penyakit yang dapat membahayakan kesehatan penerima dan pendonor darah.
Untuk mahasiswa yang punya jiwa superhero darah yang masih menggebu-gebu, jangan khawatir!!!! karena KSR FKM Undip akan mengadakan kegiatan donor darah bulan Juni nanti, ditunggu yaaaa……siamo tutti fratelli inter arma carista!!!!!!!

Explore posts in the same categories: EDISI III/TAHUN V?MEI?2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: