PRMK – Bercermin Diri dengan Menjadi Orang Lain

MRAN (Malam Renungan AIDS Nusantara) 2009
Together We Are Solution

Minggu 17 Mei 2009, depan GSG Tembalang nampak warna merah mendominasi. Ini dikarenakan StopHIVa sedang mengadakan acara Malam Renungan AIDS Nusantara (MRAN) yang merupakan kegiatan tahunan StopHIVa dalam rangka memperingati hari AIDS Nusantara. Tahun ini StopHIVa mengadakan MRAN dengan tema ”Together We Are Solution”. Tema ini diangkat karena StopHIVa sebagai organisasi mahasiswa peduli HIV/AIDS tidak ingin menjadi organisasi yang pasif, hanya menyatakan diri sebagai kelompok yang peduli terhadap HIV/AIDS, tetapi ingin menjadi suatu organisasi mahasiswa yang aktif memberikan solusi dan melakukan action terhadap fenomena HIV/AIDS di Indonesia demi terciptanya perubahan yang lebih baik.
Cuaca yang agak mendung tidak menyurutkan semangat peserta dan panitia untuk mensukseskan acara tersebut. Diiringi rintik-rintik hujan acara yang dimulai pukul 15.00 WIB ini berlangsung cukup meriah. Kegiatan MRAN tahun ini terdapat dua sesion yaitu parade band dan malam renungan.
Puncak acara MRAN yaitu pada acara renungan malam. Acara baru dimulai pada pukul 19.30 dan dibuka dengan beberapa sambutan dan penampilan teater dari Studio 8 FKM. Selain itu, ada penampilan akustik band dan share with ODHA (Orang dengan HIV/AIDS). Yang menarik pada tahun ini adalah acara share with ODHA diisi oleh mba Wati (nama samaran), narasumber dari Graha Mitra yang merupakan mantan waria yang terinfeksi HIV dikarenakan resiko pekerjaannya sebagai tuna susila dan narasumber dari Yakita yaitu mbak Rose (nama samaran), ibu rumah tangga yang terinveksi HIV/AIDS. Adanya share dengan mereka membuat mata kita lebih terbuka bahwa resiko terinveksi HIV bukan hanya karena perilaku yang beresiko, tetapi seorang ibu rumah tangga yang lugu dan setia kepada suaminya dapat juga terinfeksi. Pengalaman narasumber memberikan semangat kepada peserta untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan kewaspadaan akan HIV, tetapi dengan tidak mendiskriminasikan penderitanya.
Banyaknya peserta dari berbagai kalangan, baik dari mahasiswa, LSM, maupun warga sekitar menandakan bahwa acara MRAN 2009 ini berjalan dengan lancar dan sukses. Acara MRAN ini mendapat pujian dari beberapa pihak seperti dari BKBM, Graha Mitra, Yakita, dan mahasiswa. Kesuksesan acara ini merupakan buah kesabaran dan keuletan maupun pertisipasi dari panitia dan peserta.
Untuk agenda selanjutnya, StopHIVa akan megadakan kunjungan ke panti rehabilitasi dan Stopper Goes to School (SGTS) part 2. Tetap semangat dan Move For Health!!!

Explore posts in the same categories: EDISI IV/TAHUN IV/JUNI/2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: