Budaya Entrepreneurship Mahasiswa

Ania Maharani
Mahasiswa Peminatan Epidemiologi, Reguler 2007

Siklus kehidupan mahasiswa berawal sejak pengenalan potensi diri dan pengembangan kreativitas yang dimiliki di lingkungan kampus. Salah satu potensi mahasiswa yang perlu diasah adalah jiwa kemandirian yang terbentuk oleh entrepreneurship. Lantas, bagaimanakah iklim entrepreneurship mahasiswa yang berkembang di Undip? Apakah jiwa entrepreneur sudah membudaya di kalangan civitas akademika?
Hal ini memang perlu dipertanyakan karena salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah memupuk jiwa kemandirian bagi mahasiswa. Untuk mendukung hal tersebut, sejumlah program bidang entrepreneur telah diluncurkan oleh pihak Universitas dan Dikti. Program tersebut antara lain PMW (Program Mahasiswa Wirausaha) yang diorbitkan pertama kali di Undip pada tahun 2009. Selain itu ada pula PKMK (Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan) yang berpangkal pada kejuaraan PIMNAS. Kedua program tersebut telah berhasil mengembangkan potensi kewirausahaan mahasiswa baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung, mahasiswa dituntut untuk menciptakan kreativitas dalam membangun usaha produktif dan kemampuan kerja sama dalam organisasi. Sedangkan secara tidak langsung, program akan memberikan bekal kemandirian pada akhir kuliah kelak. Setelah lulus kuliah, mahasiswa yang mempunyai jiwa entrepreneurship akan mudah menciptakan lapangan kerjanya sendiri.
Berdasarkan observasi, bentuk budaya entrepreneurship mahasiswa Undip saat ini cukup bervariasi dan mengesankan. Pertama, usaha PMW yang dirintis mahasiswa antara lain; usaha kuliner aneka rasa, usaha percetakan, usaha pernak-pernik, spanduk, banner, homeindustry, merchendase, bahkan pondok pengobatan bekam. Kedua, usaha PKMK sebagai modal kreativitas menuju PIMNAS antara lain; aneka produk olahan makanan dan minuman, serta bahan industri ramah lingkungan. Ketiga, jiwa entrepreneurship yang dipupuk melalui organisasi kampus, misalnya dalam mencari sponsorship kegiatan, melakukan dana usaha dengan berbagai macam cara, serta teknik lobbying mencari dana birokrasi. Keempat, usaha mandiri yang dilakukan oleh mahasiswa tanpa bantuan dana dari pihak Universitas atau lainnya. Pada umumnya mereka bekerja sambil kuliah seperti transaksi pulsa berjalan, bergerak dalam sektor jasa pariwisata, dan MLM.
Kita dapat bercermin dari Mark Zuckerberg, mahasiswa Oxford yang merintis berdirinya Facebook. Usaha mandiri Mark dalam mengembangkan facebook memang patut diancungi jempol. Sebagai mahasiswa, dia mampu berpikir kritis, menganalisis kebutuhan konsumen, dan mencari peluang bisnis di dunia maya.
Ada beberapa kegiatan penunjang untuk mengenalkan dunia wirausaha kepada mahasiswa. Pada tahun lalu, seminar kewirausahaan sempat menjamur di beberapa fakultas Undip. Acara seminar membangkitkan motivasi mahasiswa untuk berwirausaha. Selain itu, materi kuliah tentang kewirausahaan perlu dimasukkan dalam kurikulum masing-masing fakultas. Tujuannya untuk menambah bekal pengetahuan mahasiswa mengenai dunia entrepreneur. Namun baru sedikit fakultas yang menerapkan mata kuliah kewirausahaan karena disiplin ilmu yang berbeda dari masing – masing fakultas.
Entrepreneurship bukanlah suatu pilihan. Setiap manusia pasti akan menghadapi krisis global yang menuntutnya berkontribusi menyumbangkan hal yang bermanfaat bagi bangsa ini. Bayangkan saja, ketika masa bekerja nanti, seorang lulusan mahasiswa harus mampu menghadapi tantangan bahwa ada persaingan sengit dalam memperebutkan satu kursi lowongan pekerjaan di instansi negeri/ swasta. Oleh karena itu, tak heran jika angka pengangguran di Indonesia meningkat tajam dari tahun ke tahun. Ironisnya, sebagian besar pengangguran itu berasal dari lulusan sarjana. Tidak ada salahnya jika sbudaya entrepreneurship diterapkan mahasiswa mulai dari hal yang kecil, dan saat ini juga. Setidaknya jika setiap mahasiswa mulai mencoba untuk berwirausaha saat kuliah (meskipun dengan usaha sekecil apapun) maka dia akan belajar tentang kemandirian dan peluang keberhasilan/ kegagalan dalam berusaha. ^bluepen^
http://www.aniamaharani.students-blog.undip.ac.id

Explore posts in the same categories: 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: