Nanoteknologi Sebagai Teknologi Masa Kini

Nanoteknologi sebagai salah satu hasil teknologi modern yang mendeskripsikan ilmu mengenai sistem dan peralatan berproporsi nanometer. Satu nanometer sama dengan seperjuta millimeter atau setara dengan satu per miliar meter. Ukuran ini tergolong ukuran yang sangat kecil sebab lebih kecil dibandingkan dengan atom. Perbandingan satu meter dengan satu nanometer dapat dilihat dengan membandingkan bumi dan bola pingpong. Bumi yang berdiameter lebih kurang 12.756 km berbanding dengan bola pingpong yang hanya berdiameter 40 mm, ukuran yang sangat fantastis bukan?

The secret of nanoteknologi
Nanoteknologi ternyata dapat digunakan untuk menciptakan zat hingga berukuran satu per miliar meter sehingga sifat dan fungsi zat tersebut dapat dirubah sesuai dengan keinginan. Selain mempermudah penggunaan, nanoteknologi juga mampu mengefektifkan dan mengefisiensikan bahan, tenaga maupun fungsinya. Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa bekerja dengan partikel-partikel ini dapat memberi harapan untuk membangun mesin mini atur atom. Bayangkan atom yang merupakan partikel terkecil masih ada yang sanggup menandingi, bahkan hendak dibuat miniatur atomnya oleh sebuah partikel yang disebut dengan nanoteknologi. Seiring dengan perkembangannya dalam bidang teknologi, hendaknya perlu diketahui juga efek-efek dari penggunaan nanoteknologi baik untuk tubuh maupun lingkungan. Karakter dari partikel nanoteknologi ini yakni mampu menembus tubuh manusia masuk malalui membran sel tanpa diketahui. Meskipun partikel ini kecil namun mampu membawa materi cukup besar yang dapat mempengaruhi untaian DNA. Seperti yang terjadi pada seekor ikan yang diketahui menderita kanker setelah mencerna sejumlah partikel karbon nano. Oleh sebab itu, sampai detik ini para pakar dalam bidang ini terus berusaha mengembangkan nanoteknologi sebagai terobosan baru masa kini dan masa yang akan datang. Nanopartikel dalam nanoteknologi tersebut akan mempengaruhi sifat-sifat material karena interface dan efek quantum mekaniknya. Efek interface yang mungkin terpengaruh seperti sifat konduktivitas termal, katalitik, kekuatan material, kemampuan untuk tahan api, anti-air, anti-karat dsb. Sedang efek quantum mekanik yang bisa diperoleh seperti sifat magnetik, sifat listrik dan juga sifat-sifat optiknya.

Memanfaatkan nanoteknologi
Nanoteknologi berdampak di bidang ilmu pengetahuan dan setiap sisi kehidupan manusia. Dewasa ini, telah berkembang banyak konsep mengenai nanoteknologi, yang di aplikasikan dalam kehidupan manusia di berbagai bidang, antara lain :

1.Di bidang kesehatan misalnya nanoteknologi mampu mengobati penyakit seperti hipertensi. Dulu pengobatan hipertensi dilakukan dengan suntik atau dengan mengkonsumsi obat, tetapi dengan nanoteknologi pengobatan hipertensi dapat dilakukan dengan menyemprot ke bagian-bagian tubuh tertentu seperti di daerah dalam lengan, sekeliling pusar dan bagian dalam paha. Hasil penelitian dari universitas di Cina, pengobatan tradisional dapat digabungkan dengan teknologi modern berupa bioteknologi dan nanoteknologi. Bahan baku yang sudah digabungkan tadi dapat diperkecil manjadi ukuran nanoteknologi, sehingga nantinya akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh yang kemudian ke membran sel. Partikel obat ini mampu menstabilkan tubuh pada fungsi hati, melancarkan aliran darah, meningkatkan peredaran darah, melarutkan darah yang mengental dan menggumpal, mengurangi daya hambat pembuluh darah sehingga tekanan darah dapat diturunkan ke tingkat normal pada penderita hipertensi. Mekanisme untuk partikel ini masuk ke dalam tubuh dengan disemprotkan, cairan obat ini akan menembus kulit kemudian ke pembuluh darah. Cairan semprot akan menghasilkan efek farmakodinamika yakni efek obat terhadap fisiologi dan biokimia berbagai organ tubuh serta mekanisme kerjanya sehingga mampu menstabilkan tekanan darah penderita. Tidak hanya berguna dalam mengobati penyakit hipertensi tetapi penggunakan emas nanopartikel dapat pula digunakan pada imaging medis dan tes-pack khamilan.

2. Di bidang produksi, nanoteknologi mampu memproduksi makanan yang menyehatkan. Makanan sehat dan bergizi akan lebih mudah diserap oleh tubuh apabila diproduksi dengan menggunakan nanoteknologi dan diharapkan tidak akan ada vitamin yang terbuang percuma. Penggunaan produksi makanan ini juga dapat menekan angka keracunan yang disebabkan oleh plastik dan logam yang terkandung dalam kemasannya.
Selain itu nanoteknologi dapat digunakan untuk pemanfaatan katalis ceria untuk menghemat bahan bakar solar. Dan penggunaan perak nanopartikel yang digunakan untuk anti-mikrobial, dalam dalah satu produk.

3. Sedangkan di bidang teknologi, nanoteknologi digunakan untuk pengembangan di berbagai bidang. Nanoteknologi yang menggunakan material berukuran nano mampu menciptakan benda sekecil mungkin dengan kapasitas besar misalnya flashdisk. Selain itu ada pula nanoteknologi ultrasonic atau nano ultra yang nantinya dapat memungkinkan untuk melakukan diagnosa tingkat seluler guna mendeteksi penyakit berat. Teknologi ini menghasilkan ultrasonik yang dapat melihat ke dalam sel , padahal sebelumnya ultrasonic lebih sering digunakan untuk sonogram atau alat deteksi janin. Komponen dari teknologi ini akan jauh lebih kecil dibanding dengan komponen mesin yang sudah ada sebelumnya. Fungsi utama alat ini yakni lebih ke memahami struktur dan fungsi sel serta menpercepat deteksi abnormalitas yang menyebabkan penyakit kronik seperti kanker. Ada juga manfaat lain yang bisa didapat, pelaku industri dapat menggunakannya untuk mendeteksi kerusakan paling kecil yang mempengaruhi kualitas dan ketahanan material suatu bahan serta menghindari kerusakan pada mesin.
Nanoteknologi juga memiliki berbagai produk ciptaannya, seperti :
a. Nanokomposit
Digunakan pada plastik yang nantinya akan lebih tahan gores, ringan-kuat sehingga mengurangi beban mobil dan mengurangi biaya bahan bakar dan umur pemakaian lebih panjang. Industry transportasi akan dapat menarik keuntungan dari penggunaan nanokomposit ini. Nanokomposit juga dapat meningkatkan ketahanan akan permeabilitas sehingga bagus untyk penggunaan pengemas makanan dan minman. Selain itu digunakan untuk mengurangi kemudahan plastic untuk terbakar.
b. Nanokristal
Logam nonkristal mempunyai kekuatan menarik lebih tinggi dan lebih tahan gores, sehingga dapat digunakan sebagai “bearing” atau alat lain seperti komponen kompoter, sensor dan lainnya. Kekerasan logam akan meningkat dua hingga tiga kali lipat. Nanokristal mampu mengabsorb dan memancarkan cahaya yang berbeda warna.sehingga dapat digunakan untuk alat fotovoltaik.
c. Nanotubes
Mirip dengan serat mempunyai diameter beberapa nanometer, sangat kuat, bersifat konduktor, pejal atau berongga. Nanotubes berdasar emisi electron dapat dipergunakan pula untuk layar monitor monokrom. Dikembangkan pula dengan lebar separuh molekul DNA, nanotubes dipergunakan untuk menyalurkan cahaya ‘near-infra red’ dari laser ke sel kanker. Sehingga akan menggantikan penggunaan ke moterapi yang dapat merontokkan rambut.
d. Nanokatalis
Katalis skala nano berbasis gel yang dapat dipergunakan untuk mencairkan batu bara yang kemudian dijadikan minyak disel, bensin. Cara tersebut amat digemari sebab dapat mengurangi kadar belerang pada penggunaan batubara. Ukuran nano memiliki permukaan yang sangat luas sehingga sangat efektif, murah dipakai sebagai katalis converter pada mobil.

gambar nanoteknologi

Explore posts in the same categories: 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: