ANTUSIASME PESERTA MAWAPRES

Kegiatan tahunan dari Universitas salah satunya adalah penjaringan mawapres. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai wahana dalam unjuk prestasi dan kemampuan untuk menghasilkan bibit unggul mahasiswa berprestasi. Juara pertama mahasiswa berprestasi tingkat Fakultas akan dikirim ke tingkat Universitas untuk bersaing dengan mahasiswa berprestasi tingkat Fakultas lainnya. Selanjutnya, juara mawapres tingkat universitas akan bersaing dengan mahasiswa berprestasi nasional dari seluruh Universitas di Indonesia.
Sebelum ke tingkat Universitas, tentunya para mahasiswa berprestasi dari berbagai Fakultas ini harus melalui seleksi tingkat fakultas masing-masing. Penjaringan peserta mawapres FKM mulai berjalan tanggal 26 Maret 2010 lalu, dengan menyerahkan beberapa persyaratan, diantaranya adalah hasil belajar mahasiswa dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lebih dari 3,30, pembuatan Karya Tulis Ilmiah, dan sertifikat atau bukti konkrit dari kegiatan ekstrakulikuler yang diikuti. Melalui wawancara dengan Pembantu Dekan III, Bapak Ir. Suyatno, M. Kes., beliau menjelaskan bahwa ada lima aspek yang dinilai dalam proses penyeleksian selanjutnya pada tanggal 31 Maret 2010 yang dilakukan oleh tim dari dosen, yang setiap item komponen penilaian dilakukan oleh dua orang dosen.
Lima komponen itu antara lain, penyeleksian IPK terbaik, penyeleksian penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan komponen penilaian 60 % dari isi makalah dan 70% dari presentasi, kemudian keaktifannya dalam organisasi ekstrakulikuler yang diikuti dengan pengambilan penilaian 60% dokumen dan 50% wawancara, ada lagi penilaian yang diambil, dari tingkat kemampuannya berbahasa inggris, dengan menyertakan penulisan Karya Tulis dalam bahasa inggris (menulis abstrak) kemudian mempresentasikannya dan berdiskusi dalam bahasa inggris. Satu lagi komponen yang termasuk dalam proses penyeleksian dan tidak kalah pentingnya adalah tes kepribadian. Peserta Mawapres sendiri dikhususkan untuk mahasiswa semester 6 untuk tingkat universitas, namun hanya di FKM yang memperbolehkan mahasiswa semester 4 mengikuti proses penyeleksian tingkat fakultas. Hal itu dapat dijadikan pembelajaran dan memotivasi untuk selanjutnya.
Menurut beliau, kegiatan ini sangat positif untuk mahasiswa dalam berkompetensi secara sehat, dan juga merupakan kesempatan dalam mengembangkan diri, “Karena IPK bagus diperoleh dengan kerja keras, jadi jangan hanya disimpan untuk sendiri,” tegas beliau. Namun sepertinya antusiasme peserta mawapres tahun ini agak lebih rendah dari tahun lalu. “Karena dari setiap tahun selalu ada kendala dengan mahasiswa sendiri, dengan masalah kurang percaya diri, apalagi dalam bidang berbahasa Inggris,” jelas beliau. Pada akhir proses penyeleksian, terdapat 22 mahasiswa yang mengikuti mawapres. Sistem penyeleksian mawapres FKM tahun ini berlangsung cukup ketat. Alur mekanisme penyeleksian lebih teratur dan terpadu yang diselenggarakan di ruang SCL.
Hasil pengumuman seleksi mawapres FKM angkatan 2007 tahun 2009 menobatkan Sigit Ari Saputro sebagai mawapres I, Shofa Khasani sebagai mawapres II, dan Ania Maharani sebagai mawapres III. Sedangkan dalam angkatan 2008, menobatkan Sri Anani sebagai mawapres I, Erma Dwi sebagai mawapres II dan Oneik Lestari sebagai mawapres III.
Sebagai bahan motivasi, mawapres I FKM menjadi mawapres I tingkat Universitas pada tiga tahun yang lalu. Namun sayang, mawapres dari Undip sendiri belum pernah menjadi juara tingkat nasional. Oleh karena itu kita sebagai mahasiswa perlu lebih bekerja keras memberikan yang terbaik untuk almamater kita. Salam prestatif! (-atiqoh-)

Explore posts in the same categories: Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: