DIES NATALIS FKM UNDIP Menuju Usia Seperempat Abad

Peringatan Dies Natalis FKM ke-25 diawali dengan pembukaan Invitasi olahraga antar instansi memperebutkan Public Health Cup. Acara dibuka pada tanggal 22 Februari 2010 pukul 08.00 WIB di GOR AKPOL Semarang. Dies Natalis FKM Undip ke-25 ini mengambil tema “Seperempat Abad FKM Undip, Menuju Kemandirian Kesehatan Masyarakat Indonesia.”
“Sebenarnya Dies Natalis ini awalnya ingin diadakan pada bulan Januari, tetapi karena alasan pendanaan akhirya Dies Natalis diadakan bulan Maret,” ungkap Bapak Priyadi Nugraha sebagai salah satu dari penanggung jawab acara Dies Natalis.
Adapun rangkaian acara Dies Natalis FKM Undip yang ke-25 ini antara lain, yaitu:
(1)Abdi Masyarakat
Acara tersebut akan diselenggarakan tanggal 7 Maret 2010 bertempat di lapangan depan Ruko Bukit Emerald Jaya, Kelurahan Meteseh. Cahyudi, Ketua BEM FKM KM Undip, sebagai penanggung jawab acara menjelaskan bahwa kegiatan abdi mayarakat ini berupa lomba bayi sehat, lomba cerdas cermat dan lomba-lomba lainnya yang ditujukan untuk masyarakat Meteseh dan sekitarnya. Ia pun menambahkan bahwa hal tersebut sesuai dengan basic dari FKM yang selalu peduli pada masyarakat. “Daripada kita berhura-hura sesaat, lebih baik mengadakan kegiatan sosial seperti ini. Sungguh sangat tidak bijak ketika banyak masyarakat di luar sana yang kurang beruntung atau hidup dibawah garis kemiskinan tetapi kita malah bersenang-senang, seolah-olah kita menari-nari di atas penderitaan mereka,” tuturnya.
(2)Invitasi
Invitasi yang dimaksudkan adalah rangkaian acara kompetisi dibidang seni dan olahraga. Olahraga yang dipertandingkan adalah badminton yang akan diselenggarakan di GOR AKPOL. Kegiatan ini ditujukan untuk para bibit atlet di tiap fakultas Undip, antar FKM dari tiap universitas yang ada di Semarang dan antar instansi semacam Bank, Pers, Operator, dan hotel-hotel. Olahraga lainnya yang juga akan dipertandingkan adalah PH cup, yaitu pertandingan futsal yang pesertanya sama dengan pertandingan badminton, kecuali instansi-instansi. Dari bidang seni akan diadakan PH idol. Mengikuti jejak sukses Indonesian idol, FKM juga tidak mau kalah dengan mengadakan kompetisi dibidang tarik suara yang diharapkan dapat melahirkan solois-solois yang dapat berkarir di dunia entertainment. Rangkaian kompetisi invitasi ini diharapkan dapat membawa nama baik FKM sebagai penyelenggara, sehingga masyarakat lebih bisa mengenal FKM lebih dekat dan mengakui keberadaannya.
(3)Seminar Nasional
Seminar nasional ini akan dirangkai dengan presentasi paper ilmiah dengan tema “Mewujudkan Kemandirian Kesehatan Masyarakat Indonesia Berbasis Upaya Preventif dan Promotif” yang akan diselenggarakan tanggal 13 Maret 2010 dengan pembicara Ibu dr. Endang R Sedyaningsih, MPH, Dr.PH selaku Menteri Kesehatan Republik Indonesia dan juga akan dihadiri oleh Bapak H. Bibit Waluyo (Gubernur Provinsi Jawa Tengah), Prof. Dr. dr. Suharyo Hadisaputro, SP.PD (KTI), Dr. Adang Bachtiar, MPH, Dr.PH (Ketua IAKMI Indonesia), Bapak Irwan Hidayat (Presdir PT Sido Muncul) dan akan dimoderatori oleh bapak Dr. Agus Suwandono, MPH. Seminar ini akan diikuti oleh masyarakat umum, para mahasiswa, dan para alumni FKM. Dengan diadakannya seminar ini diharapkan dapat meningkatkan kemandirian masyarakat terhadap pentingnya kesehatan, terutama mengubah pemikiran masyarakat dari mengobati penyakit menjadi mencegah penyakit.
(4)Malam Puncak
Malam puncak adalah “gong” dari serangkain acara dies natalis FKM Undip yang ke-25 yang akan diadakan tanggal 13 Maret 2010 mulai pukul lima sore. Studio 8 mungkin yang akan paling bersinar pada malam puncak nanti. Pasalnya, organisasi yang baru saja dilantik sebagai salah satu UKK di FKM Undip ini dipercaya mengisi acara puncak dari perayaan Dies Natalis perak ini. Saat ditanyai mengenai persiapannya untuk acara puncak tersebut, Redi sebagai Ketua Studio 8 mengungkapkan bahwa, Studio 8 sudah mulai mempersiapkan diri. “Pementasan kami berupa gabungan drama dan tari dengan topik penyakit dan determinan-determinan penyakit itu sendiri. Selain itu, di malam puncak acara nanti akan diisi juga oleh band cowok dan band cewek Studio 8 serta PH idol. Tapi masih rahasia dibagian mana dari susunan acara malam puncak nanti penampilan mereka,” jelas Redi lebih lanjut. Malam puncak yang terdiri dari berbagai kegiatan yang sangat memanjakan civitas akademika FKM Undip ini ternyata diwarnai dengan acara FKM award. Belum lagi para alumni yang akan memanfaatkan acara ini sebagai acara temu kangen dengan para sahabat tercinta.
Namun terlepas dari itu, adanya acara Dies Natalis FKM Undip yang ke-25 ini diharapkan dapat memperluas jaringan terhadap para alumni dan menjadikan FKM lebih dikenal oleh masyarakat.
So, ayo kita sukseskan bersama rangkaian acara dies natalis FKM tercinta ini. See you there… (-tiar n fikri-)

Explore posts in the same categories: Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: