FENOMENA BLOG DI KALANGAN DOSEN DAN MAHASISWA

Program pembuatan blog bagi dosen dan mahasiswa sudah mulai diluncurkan sejak tahun 2008. Program ini ditujukan dalam rangka meningkatkan publisitas dan jejaring ilmiah, sehingga meningkatkan jumlah kunjungan terhadap web Undip. Setiap blog yang dibuat baik oleh dosen maupun mahasiswa diharuskan mentautkan blognya ke dalam link undip.ac.id agar memiliki jaringan yang lebih luas. Dengan cara seperti ini, maka diharapkan pengunjung yang masuk ke dalam suatu blog, baik itu blog dosen atau mahasiswa secara tidak langsung telah pula masuk ke dalam ruang lingkup web undip.ac.id, sehingga apabila blog tersebut sering dikunjungi maka tidak hanya akan meningkatkan jumlah kunjungan terhadap blog tersebut, tetapi juga secara tidak langsung akan meningkatkan pula jumlah kunjungan terhadap web Undip. Dengan semakin meningkatnya jumlah pengunjung yang masuk, maka Undip bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas dan akan meningkatkan rating Undip, baik di kalangan universitas yang ada di Indonesia maupun di tingkat Internasional sebagai sumber literature ilmiah.
Sebagai upaya tindak lanjut terhadap program ini, maka FKM mengadakan Pelatihan Pembuatan Blog bagi dosen, karyawan, dan mahasiswa. Kegiatan dilakukan pada tanggal 5-6 November 2009 bertempat di laboratorium komputer FKM Undip. Hasilnya, sejumlah dosen, karyawan, dan mahasiswa FKM Undip yang berhasil membuat blog sebagai wahana untuk marketing dan sharing informasi kepada khalayak. Kegiatan semacam ini mungkin akan kembali dilakukan guna meningkatkan jumlah pengguna blog baik dari kalangan dosen, karyawan, maupun mahasiswa.
Blog bagi kalangan dosen dan karyawan mempunyai manfaat yang sangat banyak diantaranya membantu dalam proses pembelajaran seperti pemberian materi kuliah jika tidak sempat dicopy pada saat kuliah berlangsung, pemberian informasi yang penting yang tidak sempat diberitahukan di depan kelas, termasuk juga pemberitahuan nilai hasil Ujian Mid maupun UAS seperti yang dilakukan oleh beberapa dosen. Selain itu, tidak menutup kemungkinan juga bahwa melalui blog ini bisa terbangun forum diskusi ilmiah antar pengunjung blog dan si empunya blog. Blog bisa juga digunakan dalam hal pengarsipan data karena memiliki daya simpan yang cukup lama, promosi sesuatu yang bermanfaat, updating berita terbaru, dan sharing informasi yang bermanfaat bagi pengunjungnya.
Mahasiswa dapat mengambil manfaat dari pembuatan blog. Melalui blog, seorang mahasiswa bisa mengekspresikan dirinya, memberikan apresiasi terhadap suatu hal yang menarik baginya, dan yang lebih penting bisa juga membangun budaya menulis karena dia bisa mempublikasikan ide-idenya baik dalam bentuk PKM, laporan, artikel, makalah, dan sebagainya, yang bisa dibagi dengan orang lain dan siapa tahu juga bisa diapresiasi oleh orang lain sehingga bisa semakin memicunya untuk membuat karya yang lebih inovatif. Bagi seorang mahasiswa yang termasuk aktivis organisasi juga bisa memanfaatkan blog ini sebagai sarana pengarsipan kegiatan keorganisasian seperti file kegiatan, foto-foto, LPJ maupun hal lain yang bisa dibagi dengan anggota organisasi lainnya. Pada akhirnya, semoga program pembuatan blog ini selain bisa mempublikasikan UNDIP kepada masyarakat luas juga bisa meningkatkan kultur ilmiah bagi para civitas akademika. (-bela-)

Explore posts in the same categories: Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: