FOKUS UTAMA: SIKLUS PENGANGGARAN DANA DI FKM

Menindaklanjuti tulisan PH Kita Edisi VI/thn IV/Maret 2010 tentang Output Raker Gama 2010, PH mendapatkan klarifikasi dari dra. Chriswardhani, M.kes, selaku PD II FKM Undip. Beliau mengungkapkan bahwa proses penganggaran dana di FKM melalui tahapan proses yang panjang. Proses tersebut meliputi perencanaan, implementasi, evaluasi dan pengawasan.
Badan Layanan Umum (BLU) Undip sebagai salah satu unit pelayanan teknis (UPT) di bawah Kementerian Pendidikan Nasional yang mempunyai kewenangan menghimpun dana dari masyarakat lewat biaya pendidikan mahasiswa dan sebagai dana lainnya kemudian mempergunakan dana tersebut langsung untuk penyelenggaraan proses pendidikan bagi mahasiswa di Undip sesuai dengan ketentuan pengelolaan keuangan yang akuntabilitas dan didasarkan peraturan yang berlaku. BLU Undip yang disahkan sejak 15 September 2008, dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik berdasarkan SPM (Standar Pelayanan Minimal) dan target kinerja. Tata pamong dan tata kelola dari BLU Undip beserta RBS (Rencana Bisnis Strategis) dan RBA (Rencana Bisnis Anggaran). Dalam RBS, dijelaskan visi misi Undip serta jangka menengah, sedangkan dalam RBA dijabarkan estimasi pendapatan dan rencana pengeluaran setiap tahunnya. RBA Undip disusun oleh kantor pusat dan fakultas-fakultas.
RBA fakultas tahun 2010 dipersiapkan sejak rapat kerja akhir tahun fakultas di bulan November 2008. Dalam agenda tersebut, bidang II FKM menyusun estimasi pendapatan DIPA PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak) yang terdiri dari biaya pendidikan mahasiswa (SPP, SPI, SPMP, dan PRKP), serta pendapatan masyarakat lain (BMOM, kerjasama, kuliah sisipan, pelatihan dan pendayagunaan sarana). Selain itu juga diajukan dana APBN dengan disertai TOR (term of referrence). Dana APBN ini diajukan untuk buku perpustakaan, alat-alat laboratorium namun tidak dipergunakan untuk membangun gedung sehingga pembangunan gedung D memakai dana PNBP. Selanjutnya bidang II membuat perencanaan alokasi tiap bidang/ subbag/ bagian/ unit. Masing-masing dari bidang/ subbag/ bagian/ unit menyusun RBA berdasarkan kebutuhan. Kemudian perencanaan tersebut dikompilasi oleh bidang II dan selanjutnya dikirim ke Universitas untuk dibahas dalam rakerta akhir tahun pada bulan Desember 2008. Dalam rakerta akhir tahun tersebut, dibicarakan perencanaan RBA tahun 2010.
Pada awal Januari 2009, Undip menyelenggarakan rakerta awal tahun. Rapat ini membahas evaluasi program kegiatan dan keuangan tahun lalu serta arahan-arahan pelaksanaan RBA tahun 2009. Selanjutnya, arahan pelaksanaan RBA tahun 2010 dibicarakan pada awal tahun 2010. Berdasarkan hasil rakerta awal tahun Undip, maka Fakultas menindaklanjuti dengan Rakerta awal tahun dengan agenda sama yaitu evaluasi kegiatan tahun lalu dan persiapan pelaksanaan kegiatan dan anggaran tahun yang bersangkutan.
Pada tahun 2010, FKM mengelola DIPA PNBP sekitar enam milyar. Penggunaan DIPA PNBP tersebut sebagai biaya investasi, operasional, dan pemeliharaan. Ketiga biaya tersebut untuk proses belajar mengajar mahasiswa, kegiatan lain seperti kemahasiswaan, penelitian, dan pengabdian. Biaya investasi meliputi biaya gedung, alat, sarana dan pra-sarana. Biaya operasional meliputi biaya alat tulis habis pakai, biaya umum, konsumsi, dan keperluan rumah tangga, sedangkan biaya pemeliharaan untuk biaya pemeliharaan gedung dan alat-alat.
Pencairan DIPA PNBP 2010 mulai bisa dilakukan pada akhir bulan Maret 2010, tetapi untuk kegiatan yang sifatnya tidak rutin di luar PBM (Proses Belajar Mahasiswa) seperti kegiatan UKK dapat mengajukan proposal kegiatan sejak bulan April. Perlu diingat, bahwa pelaksanaan kegiatan, pencairan dana dan laporan pertanggungjawaban keuangan hanya bisa dilakukan sampai akhir Oktober. Hal ini disebabkan oleh penyusunan SPJ dan laporan keuangan harus dilaksanakan pada bulan November. Pengawasan kegiatan dan keuangan dilakukan secara rutin oleh BPE Undip (Badan Penilaian Evaluasi), Inspektorat Jenderal/ Irjen Kementrian Pendidikan Nasional, dan BPKP Kementerian Keuangan RI. (-bluepen-)

Explore posts in the same categories: Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: