NGORBIT (NGOBROL BARENG BU DIDIT)

1.Bagaimana membentuk tubuh biar gak kurus dan juga biar gak gemuk agar mendapatkan tubuh yang ideal?

Jawab:
Untuk membentuk tubuh yang tidak gemuk atau tidak kurus, pertama tergantung niatnya, kedua tergantung faktor genetik kita. Dengan kata lain apabila faktor genetik kita mendukung untuk terjadinya kegemukan atau kekurusan, maka kita mesti berusaha lebih keras untuk mencapai berat badan ideal. Yang perlu kita ketahui pada awalnya adalah kita termasuk berat badan ideal, terlalu kurus atau terlalu gemuk. Kalian bisa membaca referensi untuk perhitungan BB ideal, dapat memakai IMT, BB menurut Dubois, FK UI dsb. Setelah kita tahu kondisi status gizi kita, maka kita perlu membeli timbangan badan.
Nah setelah itu baru kita mulai perbaikan apabila terlalu gemuk, kita perlu mengatur pola makan kita dan aktifitas, lalu usahakan mengurangi kalori yang masuk dengan mengkonsumsi makanan rendah kalori, banyak serat serta mengatur aktivitas dan olahraga.
Kita usahakan setiap harinya turun sekitar 0,25 kg. Sedikit demi sedikit tetapi kontinyu dengan menimbang BB setelah bangun tidur. Sebaliknya kalau BB kita kurang, kita perlu menambah kalori yang masuk dengan mengkonsumsi makanan tinggi kalori serta mengurangi serat. Penambahan BB juga jangan terlalu cepat, tetapi sedikit demi sedikit sampai dicapai BB ideal. Apabila sudah mencapai berat badan ideal, kita perlu pelihara dengan cara tetap menimbang BB untuk mengatur pola makan serta aktifitas kita apabila ada kenaikan atau penurunan.

2.Hal apa saja yang harus dilakukan agar terhidar dari kanker payudara? benarkan tidur menggunakan bra itu menjadikan risiko terjadinya kanker payudara?

Pertanyaan kedua agak susah dijawab ya, karena kadang kanker datang dan pergi tanpa diduga sebelumnya, tapi kita perlu berdoa dan berusaha. Kanker payudara dapat disebabkan karena faktor hormonal, genetik dan mutasi maupun kerusakan akibat proses penuaan, termasuk terjadinya radikal bebas di dalam tubuh manusia. Salah satu dari penangkal radikal bebas adalah pengendalian makanan. You are what you eat.
Berdasarkan beberapa referensi yang pernah saya baca sebaiknya kita jangan terlalu banyak makan daging terutama yang berasal dari hewan kaki empat, terutama lagi yang dibakar. Sebagai gantinya kita bisa makan ikan serta sumber protein dan lemak nabati. Selain itu kita juga sebaiknya lebih banyak makan serat yang berasal dari sayur dan buah. Vitamin A, Vit E dan Vit C serta selenium adalah sumber anti oksidan yang dapat menetralisir radikal bebas. Tetapi juga perlu diingat dalam mengkonsumsi tidak boleh berlebihan karena tentu semua yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan.
Sampai saat ini saya belum menemukan bukti ilmiah maupun referensi jurnal tentang hubungan antara kanker payudara dan pemakaian bra. Sejauh ini kalau menurut sepengetahuan saya tidak ada hubungan antara pemakaian bra dan kanker payudara. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Bagi kawan-kawan yang memilki masalah seputar kesehatan, dapat dikonsultasikan dengan Ibu Didit melalui via sms ke 081914462204.

Explore posts in the same categories: Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: