PERINGATAN HARI KESEHATAN SEDUNIA

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia (HKS) yang jatuh pada tanggal 7 April lalu, BEM FKM Undip bekerja sama dengan AtmosPHere mengadakan aksi peduli lingkungan berupa penggalangan dana untuk pengadaan tempat sampah organik dan anorganik, serta kegiatan ­bersih-bersih kampus. Kegiatan yang tercetus pada rapat ISMKMI tanggal 3 April 2010 lalu bertujuan untuk meningkatkan rasa peduli terhadap lingkungan sekitar yang dalam hal ini sangat sinkron dengan tema HKS tahun ini yaitu aksi peduli lingkungan.
Kegiatan pembersihan kampus yang dipersiapkan empat hari sebelum hari H ini nampaknya membawa dampak yang signifikan bagi mahasiwa FKM Undip sendiri. Banyak dari mahasiwa yang tidak lagi membuang sampah sembarangan pada hari itu karena lingkungan kampus yang terlihat bersih dari sebelumnya sehingga menimbulkan kesadaran sendiri untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan kampus FKM tercinta. Namun ternyata banyak dari mahasiswa khususnya mahasiswa FKM Undip yang tidak mengetahui HKS yang jatuh pada tanggal 7 April tersebut. Hal senada diungkapkan oleh Ketua Bem FKM Undip, Cahyudi Makasuci, “Saya tanya ke teman-teman tanggal 7 April itu hari apa, ternyata hampir semua orang yang saya tanyakan gak tahu bahwa itu HKS”.
Memang sangat disayangkan sebagian besar anak FKM yang notabenenya merupakan mahasiswa kesehatan, tidak tahu bahwa tanggal 7 April itu merupakan hari kesehatan sedunia. Hal ini dapat dilihat bahwa masih banyak mahasiswa FKM yang tidak ikut berpartisipasi dalam kegiatan pembersihan kampus yang dilaksanakan mulai pukul 06.30 – 09.00 WIB tersebut. Menurut Ketua AtmosPHere, Muhammad Fahry Nasyruddin, acara tersebut sebenarnya sudah dipublikasikan terlebih dahulu melalui komting masing-masing, namun dikarekan ada kegiatan lain seperti kuliah menjadi kendala tersendiri dalam kegiatan ini.
Terlepas dari hal itu, besar harapan agar civitas akademika FKM Undip mau melakukan perubahan yang lebih baik ke depannya. Cahyudi selaku Ketua BEM berharap, agar civitas akademika lebih tanggap dengan masalah kesehatan yang ada di sekitar kita. Harapan yang sama juga diutarakan oleh Fahry yang mengungkapkan bahwa acara tersebut dapat membuat mahasiswa menjadi terbiasa untuk hidup bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan. “Hidup sehat tidak akan mungkin terwujud kalau lingkungan itu kotor,” ungkap ketua AtmosPHere dengan bijak.
Yah, semoga aja harapan itu bisa terwujud tentunya dengan kerja sama yang baik dan manajemen diri yang baik. Salam sehat! Salam Hijau! (-fina-)

Explore posts in the same categories: Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: