PIRC: Siap dengan Program Kerja Baru

PIRC sebagai UKK yang bertujuan untuk membangun kultur ilmiah di lingkungan kampus FKM ini, mempunyai peranan penting dalam pengembangan kreativitas mahasiswa khususnya dalam pengembangan pola pikir secara ilmiah. Dalam perkembangannya, baru-baru ini PIRC telah mengadakan pergantian kepengurusan dan bersama dengan pengurus yang baru PIRC mecoba membuat program-program kerja yang baru pula yang belum ada sebelumnya.
Nisa Noor Annashr selaku ketua PIRC yang baru menjelaskan bahwa memang ada beberapa program baru yang rencananya akan dilaksanakan dalam kepengurusan PIRC periode 2010. Program tersebut antara lain yang pertama adalah Research Competition For RC’ers yaitu semacam kegiatan lomba karya tulis ilmiah yang ditujukan kepada seluruh anggota RC yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bagi anggota RC sendiri. Program kedua adalah Study Club. Kegiatannya berupa diskusi masalah yang sedang hangat dibicarakan oleh banyak orang. Kegiatan ini dilakukan oleh intern pengurus RC. Output dari kegiatan ini adalah pemberian solusi terbaik dan pembahasan secara lebih terperinci tentang kasus yang diangkat. Namun, karena RC belum mempunyai tempat publikasi sendiri seperti UKK lain yaitu berupa mading, maka sampai sekarang masih diusahakan bagaimana caranya agar hasil pemikiran tersebut bisa dipublikasikan. Program terakhir yang ingin dilaksanakan adalah Scientist Camp and Gathering. Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari Scientist Group dimana tiap anggota yang tidak hanya anggota RC saja melainkan mahasiswa pada umumnya, mendapatkan motivasi dan wawasan yang mendalam mengenai Karya Tulis Ilmiah.
Di samping program baru yang akan dilaksanakan, program lama yang sudah berjalan pun masih akan dipertahankan guna menciptakan lingkungan kampus FKM yang lebih bernuansa ilmiah, antara lain Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Baru dan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Populer yang kegiatannya diselenggarakan dan didanai oleh Fakultas. Selain itu, ada pula Diskusi Ilmiah yang pada tahun ini mentargetkan peserta yang lebih banyak lagi dibandingkan tahun kemarin dengan tema yang tidak kalah menarik dari tahun lalu. Program yang terakhir adalah pembentukan Scientist Group dengan lebih menguatkan ke publikasi agar lebih banyak yang ikut serta membuat acara yang lebih menarik.
Semua kegiatan tersebut di atas tidak akan berhasil jika tidak didukung oleh inisiatif dari para mahasiswa untuk mulai berpola pikir secara ilmiah. (-bela-)

Explore posts in the same categories: Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: