SEMNAS AKBAR DIES NATALIS FKM KE-25

Dalam rangka memperingati Dies Natalis FKM ke-25, diadakan seminar nasional yang berlangsung pada tanggal 13 Maret 2010 di gedung Prof. Sudarto. Semnas akbar ini menghadirkan Menteri Kesehatan RI, dan perwakilan Gubernur Jawa Tengah sebagai keynote speaker. Selain itu, tiga pakar kesehatan masyarakat nasional turut menjadi pembicara dalam seminar yaitu Prof. Dr. Dr. Suharyo Hadisaputro, SpPD (KTI), Dedi Supratman, SKM selaku sekretaris eksekutif IAKMI dan Irwan Hidayat selaku Presdir PT Sido Muncul. Acara semnas dimulai dengan sambutan yang disampaikan oleh dekan FKM Undip dan rektor Undip. Kesuksesan acara didukung oleh kehadiran peserta yang berjumlah kurang lebih 1200 peserta yang terdiri dari kalangan civitas akademika baik di dalam maupun luar Undip, alumni FKM Undip, dan perwakilan instansi kesehatan lainnya.
Setelah mengalami proses panjang, tajuk tema semnas yang disepakati adalah “Mewujudkan Kemandirian Kesehatan Masyarakat Berbasis Preventif dan Promotif”. Tema ini dimaksudkan agar FKM Undip dapat berkontribusi nyata dalam mewujudkan pendidikan kesehatan secara mandiri dengan kaidah preventif dan promotif. “Sebagai mahasiswa FKM, setidaknya kita tahu apa saja program-program menteri kesehatan sehingga bisa berkontribusi mengiringi jalannya program menteri kesehatan itu,” tutur Erna Diah Lestari, mahasiswi FKM angkatan 2007 yang menjadi salah satu panitia semnas. Adapun tujuan semnas yang ingin dicapai adalah menghasilkan pemikiran-pemikiran dan karya ilmiah yang baru atau orisinil sehingga diharapkan dapat mewujudkan kemandirian kesehatan masyarakat Indonesia berbasis upaya preventif dan promotif secara spesifik lokal. Selain itu, tujuan lain adalah sebagai media interaksi dan edukasi antara kalangan akademisi dengan multi stakeholders kesehatan agar mampu mengkaji secara kritis setiap current issues terkait perkembangan terkini dari kebijakan kesehatan baik berkembang di level internasional maupun lokal.
Senada dengan tema seminar, terdapat tiga subtema seminar dengan persentasi makalah bebas (cascade). Pertama, epidemiologi penyakit menular dan non menular serta Gizi Kesehatan Masyarakat. Kedua, kesehatan kerja dan kesehatan lingkungan. Ketiga, kebijakan kesehatan, promosi kesehatan, biostatistika dan sistem informasi kesehatan. Kemasan tema seminar ini tercantum dalam prosiding semnas yang berisi kumpulan abstrak penelitian. Tim reviewer yang bertugas untuk menyeleksi makalah para peserta merupakan pakar-pakar kesehatan terbaik yang dimiliki oleh FKM Undip, terdiri dari drg. Zahroh Shaluhiyah, MPH; dr. Sudiro, MPH, DrPH; Dr.drg.Henry Setyawan, Msc; Dr. dr Ari Suwondo, MPH; dr.Martha Irene Kartasurya, Msc; PhD, dr. Suhartono, M.Kes, dan Cahya Tri Purnami, SKM, M.Kes. Seminar makalah bebas dipresentasikan secara paralel di tempat yang berbeda sesuai subtema.
Ibu Laksmi Widajanti, selaku ketua panitia semnas, mengungkapkan bahwa acara semnas berlangsung setelah mengalami proses panjang dan melelahkan. “Persiapan semnas sudah dilakukan sejak bulan Oktober 2009. Koordinasi semnas melewati proses yang berliku mulai koordinasi dari pihak Universitas, RS Karyadi sebagai unit RS tingkat Provinsi, dinkes Provinsi Jateng, hingga kementrian RI. Begitu banyak tantangan, tekanan dan kendala yang harus dihadapi oleh kepanitiaan semnas. Hanya satu kata, satu bahasa untuk mewujudkan kesuksesan semnas. Kinerja berat semnas membutuhkan koordinasi seluruh pihak. Komunikasi tiap personel kepanitiaan merupakan kunci utama dalam menjalankan sistem kepanitiaan.”
Output dari semnas antara lain konsep kemandirian, laboratorium kesehatan masyarakat, penelitian, pengabdian dan kesehatan masyarakat berbasis preventif dan promotif. Melalui semnas akbar ini diharapkan dapat mengenalkan FKM Undip kepada khalayak umum sebagai salah satu bagian fakultas Undip yang menuju Research University. (-Bluepen & Haning-)

Explore posts in the same categories: Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: