TRIBAS DAN NGOPI BARENG

Nampaknya saat ini para pengurus BEM mempunyai banyak agenda yang telah dilaksanakan beberapa minggu lalu. Ada dua acara yang telah diselenggarkan yaitu, Ngopi bareng dan TRIBAS (Training BEM dan Senat). Acara pertama yang lebih dulu dilaksanakan yaitu Ngopi Bareng yang akan dilaksanakan pada hari Kamis, 1 April 2010 lalu di ruang B.204 pukul 12.30 WIB. Arbaini Umi selaku Ketua Departemen yang menyelenggarakan acara ini mengatakan bahwa, acara perdana ini dilakukan oleh Departemen Kebijakan Publik.
Acara yang diikuti oleh para mahasiswa FKM Undip terutama angkatan 2009 ini bertujuan untuk memberikan wacana kepada para mahasiswa akan isu kesehatan yang sedang berkembang. Tema yang diangkat kali ini adalah tentang Jaminan Kesehatan. Tema ini diambil karena banyaknya masyarakat miskin yang mendapat jaminan kesehatan tapi tetap terlantar. Acara Ngopi Bareng menghadirkan Bapak Septo Pawelas, SKM, M.Ars yang merupakan salah satu dosen di bagian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK). Meskipun acara tidak dipungut retribusi, nampaknya hal tersebut tidak membawa dampak signifikan dari kuantitas peserta. Hal ini disebabkan oleh kurangnya publikasi serta kurangnya tenaga untuk mempersiapkan acara.
Walaupun berbagai kendala dihadapai, acara tersebut diharapkan dapat membuka wawasan mahasiswa tentang jaminan kesehatan serta permasalahan yang ada. “Saya berharap akan dihasilkan output berupa perubahan diri dari mahasiswa agar mampu berdiskusi tentang kebijakan kesehatan dan membangun kultur diskusi di FKM serta membuat mahasiswa menjadi lebih kritis dan tertarik untuk berdiskusi”, ujar Umi.
Acara lain yang tidak kalah menarik yaitu TRIBAS yaitu Training BEM dan Senat 2010 yang merupakan salah satu acara Up Grading bagi para pengurus BEM dan Senat dengan tujuan untuk mengobarkan semangat para pengurus baru dan lama agar tidak luntur sampai akhir kepengurusan. Acara yang dilaksanakan tanggal 3 – 4 April 2010 lalu dilakukan di Cisemut, Ungaran. Muhammad Iqbal Masruri selaku Ketua Panitia TRIBAS mengatakan bahwa, selain untuk memberikan motivasi pada pengurus baru, para anggota juga diberi materi tentang organisasi yang mungkin mereka butuhkan dalam kepengurusan.
Acara yang dilakukan selama dua hari ini berisi pemberian materi tentang pengorganisasian diantaranya tentang protokoler, kesekretariatan, dan keuangan pada hari pertama. Kemudian pada hari kedua dilakukan refreshing dalam bentuk outbond dan permainan-permainan ringan yang bertujuan untuk lebih mengenal antar pengurus BEM dan Senat. Meskipun tidak semua anggota BEM dan Senat menghadiri acara tersebut, besar harapan agar para pengurus BEM dan Senat bisa lebih mengenal satu sama lain serta mempererat rasa kekeluargaan. (-dore-)

Explore posts in the same categories: Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: