Monev PKM Undip 2010

Sebelum monitoring evaluasi dari DP2M (Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat), Undip telah melaksanakan monitoring internal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada tanggal 25 – 26 April 2010 di gedung Pasca Sarjana serta 5 Mei 2010 di Profesor Sudarto. Acara tersebut dihadiri oleh peserta PKM yang lolos didanai Dikti. “Tujuan dari monitoring internal PKM ini adalah untuk persiapan monev dari Dikti, sehingga masing-masing proposal bidang PKM lebih sempurna dan diharapkan bisa lolos ke Pimnas,” ujar Bapak Winoto, Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Undip saat dikonfirmasi PH.

Pada tahun ini, jumlah proposal PKM Undip 2009 yang didanai Dikti pada tahun 2010 adalah PKM-P (34 proposal), PKM-K (8 proposal), PKM-M (13 proposal), PKM-T (12 proposal). Dari total 1110 PKM-K dan 800 PKM-M, FKM Undip menyumbang 3 proposal PKM-K, dan 3 proposal PKM-M. Adapun judul PKM-K dan PKM-M yang lolos antara lain:

PKM-Kewirausahaan

  1. Pembuatan Sirup Ubame (Ubi Jalar Merah) sebagai Alternatif Healthy Drink untuk Pencegahan Penyakit Kardiovaskuler” (Nissa Noor Annashr)
  2. Pemanfaatan Biji Durian (Duiro zibethinus) dalam Pembuatan Kripik Durio Crispy sebagai Peluang Usaha Masyarakat di Kecamatan Tembalang, Semarang” (Lisa Misliyanah)
  3. Pembuatan Kripik Daun Kangkung (Ipomea reptans) sebagai Alternatif Cemilan Sehat yang Kaya akan Gizi” (Winda Nurrochmah)

PKM-Pengabdian Masyarakat

  1. Program Kawasan Percontohan 3 R (Reduce, Reuse, Recycle) Menuju Zero Waste dengan Model Partisipatif Bergulir di Kelurahan Pringapus” (Priyatiningsih)
  2. Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Plus: Upaya Pencegahan Chikungunya dan Diare di Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang (Fatimatus Zahro),
  3. Peningkatan Kualitas Makanan guna Pencegahan Keracunan Makanan Melalui Pembinaan Warung Makan pada Masyarakat di Sekitar Undip” (Indah Kurniasari).

Untuk meningkatkan animo mahasiswa Undip dalam menulis PKM, kami sudah memberikan rangsangan reward kepada peserta PKM yang lolos Dikti hingga PIMNAS. Berbagai macam pelatihan PKM juga sudah kami lakukan untuk meningkatkan jumlah usulan PKM yang masuk baik dalam segi kuantitas maupun kualitas. Hasilnya, ternyata ada peningkatan proposal PKM dari tahun ke tahun,” ungkap Bapak Winoto mengenai strategi peningkatan proposal PKM.

Program Kreativitas Mahasiswa merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan DP2M Ditjen Dikti Kementrian Pendidikan Nasional dalam meningkatkan kualitas mahasiswa agar dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis, menyebarluaskan IPTEK serta memperkaya budaya nasional. Dalam sejarahnya, PKM dilaksanakan pertama kali pada tahun 2001. Pada tahun 2007, Undip pernah mendapatkan medali emas PKM dari mahasiswa FKM, Dewi Amila Sholikha (mbak Emil). Tentunya jejak dari mbak Emil, bisa kita tiru untuk mengharumkan almamater Undip, khususnya FKM. Semangat menuju PIMNAS! (-bluepen-)

Explore posts in the same categories: EDISI III/TAHUN VI/MEI/2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: